Judas Yakin Jadi Calon Wali Kota Palopo

Klaim Didukung Sejumlah Parpol

Palopo, Tribun — Salah seorang kandidat yang disebut-sebut bakal ikut bersaing dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) Wali Kota Palopo, M Judas Amir, yakin bisa menjadi calon wali kota.
Ketua Partai Persatuan Daerah (PPD) Kabupaten Luwu ini mengklaim sejumlah partai politik telah menyatakan dukungan kepadanya dan siap menjadi partai pengusung.
“Saya tidak usah dululah sebutkan partai-partai apa yang mendukung saya. Yang jelas jika dijumlahkan perolehan suara seluruh partai sekitar 19 persen lebih,” kata Judas via telepon selularnya, Jumat (22/6).
Berdasarkan peraturan perundang-undangan, calon wali kota dan wakil wali kota berhak maju pada pilkada jika diusung oleh partai yang memiliki jumlah suara minimal 15 persen dari total suara pada pemilihan umum anggota legislatif.
Saat ini, Judas baru resmi diusung sebagai calon Wali Kota Palopo oleh PPD Kota Palopo. PPD mendudukkan satu legislatornya di DPRD Kota Palopo. Setiap satu kursi di DPRD, dihargai dengan empat persen dari total suara pada pemilu legislatif.
Dengan demikian, Judas dan PPD harus mencari sekitar 11 persen tambahan suara jika ingin maju sebagai calon wali kota.
“Soal pengalangan dukungan itu adalah tugas bersama antara Pak Judas dengan kami (PPD),” kata Ketua DPC PPD Kota Palopo, Boerhanuddin LM.
Boerhanuddin menuturkan, salah satu partai yang hendak didekat pihaknya yaitu PBSD yang mendudukkan satu legislator di DPRD dan sejumlah partai gurem atau non parlemen.
Jumlah parpol non-parlemen di Kota Palopo sebanyak 11 parpol. Jumlah perolehan suara keseluruhan partai gurem jika dijumlahkan sekitar 20 persen lebih.
“Saya rasa, peluang kami (Judas-PPD) sangat besar, tinggal bagaimana kami menggalang dukungan dari partai non-parlemen,” kata Boerhanuddin saat ditemui di ruang Komisi I DPRD Palopo.
Ditanya mengenai calon wakil yang akan dipaketkan dengannya jika jadi maju sebagai calon wali kota, Judas mengatakan, pihaknya belum memikirkan hal tersebut. “Soal wakil itu urusan nanti setelah kita memenuhi syarat,” katanya. (wd)

Iklan