Sign out di Yahoo Messenger (YM) dengan menggunakan ponsel? Itu sudah cerita lama. Paling, teman-teman di messenger Anda tahu kalau Anda tetap aktif dengan status i am on SMS. Sementara, ketika mengirim SMS pun sering kali tidak sampai ke penerima.
Dalam perkembangan berikutnya, para inovator di Yahoo! seakan tidak berhenti. Mereka kemudian menciptakan web khusus untuk para pengguna ponsel. Sayangnya, fasilitas ini lagi-lagi mengalami masalah. Untuk mengetahui apakah teman Anda membalas Instant Message (IM) Anda, perlu me-refresh halaman agar pesan tersebut bisa muncul. Status online yang terlihat di teman Anda adalah i am mobile.

Kini, Anda bisa chatting dengan seluruh teman Anda dari seluruh dunia dengan menggunakan Agile Messenger for Mobile. Ini adalah layanan untuk IM berbasis Java Platform, Micro Edition atau Java ME.

Uniknya lagi, jika Anda memiliki akun di MSN, AIM, AOL, Yahoo!, ICQ, GoogleTalk, and XMPP, semuanya bisa online dalam waktu bersamaan. Tidak perlu piranti lunak yang berbeda. Status online pun seperti ketika Anda menggunakan messenger di komputer. Pilihannya bisa available, N/A, invisible maupun away dan offline.

Untuk ponsel generasi Nokia Seri 60, pengguna bisa bertukar gambar maupun video melalui ponsel sebagaimana layaknya menggunakan messenger berbasis PC. Hanya saja, fasilitas ini hanya bisa dinikmati oleh ponsel dengan piranti lunak Windows Mobile atau Windows CE, Symbian OS, dan Palm OS.

Tapi, tak usah khawatir, ponsel biasanya pun yang harganya di bawah satu juta dengan kemampuan GPRS dan MMS serta memiliki fasilitas java pun bisa melakukannya. Anda bisa terkoneksi dengan teman-teman Anda meskipun Anda sedang berada di pantai, gunung, atau sedang membaca di toko buku.

Bagi pengguna ponsel pintar, Anda bisa mengirim gambar ke teman Anda kegiatan yang sedang Anda lakukan, misalnya berenang, pesta kebun, ataupun menikmati keriangan hari libur. Bisa juga Anda mengirim suara Anda dengan merekamnya sama halnya merekam suara di messenger. Hampir seluruh ponsel mendukung adanya fasilitas Agile Messenger ini.

Apabila Anda menerima pesan, ponsel Anda akan berbunyi, layar berkedap-kedip, serta bergetar dan pada bagian layar atas halaman tertulis new messages from… dan pada layar utama terdapat kotak active chats. Klik dan akan muncul halaman yang sama dengan tampilan di layar komputer lengkap dengan waktu pengiriman pesan. Teman Anda tidak akan tahu apakah Anda chatting menggunakan PC atau ponsel karena status online yang sama. Jadi, tunggu apalagi? Bagi Anda chatter mania, segera gunakan Agile Messenger, semudah membalik telapak tangan