Jika Anda ingin melakukan perjalanan ke daerah terpencil namun tetap ingin terkoneksi dengan internet, mobile internet kini menjadi solusinya. Sejumlah provider telah menyiapkan sejumlah fitur seperti mobile internet yang kini menjadi tren di kalangan pengguna ponsel.

Seperti dilansir Cnet, jutaan orang di dunia telah mengakses internet dengan menggunakan aplikasi yang disebut WAP yang memang didesain khusus bagi pengguna ponsel. Meski aksesnya terbatas tetapi setidaknya dengan menggunakan fasilitas java script, memungkinkan pengguna membaca berita dan mengakses email sesuai dengan kemampuan dari ponsel tersebut.
Bahkan, bagi pengguna di kalangan ini memiliki julukan khusus yang disebut dot- mobi. Ini berarti surfing di internet dengan menggunakan ponsel. Meski dengan layar yang kecil tetapi sejumlah ponsel bisa menghasilkan halaman situs seperti yang tampak jika menggunakan komputer.

“Saya pikir, setiap orang ingin juga mengakses situs yang sama seperti yang tampak pada komputer mereka,” kata Matt Hatton, seorang senior analisis dari Yankee Group yang berbasis di Inggris.

Tidak hanya itu, meski terlihat lebih tradisional namun akses melalui ponsel lebih membuat orang nyaman. “Mereka akan memilih menghabiskan uang untuk membayar layanan tersebut. Salah satu kenyamanan yang ditawarkan adalah mengakses internet sambil tidur-tiduran, sama mudahnya ketika mengetik SMS atau menelepon.

Di Indonesia, layanan tersebut telah disiapkan oleh sejumlah provider seperti Indosat, melalui Mentari, IM3, dan Matrix. Sedangkan, Telkomsel pun memenuhi kebutuhan tersebut bagi pengguna Simpati, Halo, dan As. Sedangkan, XL mempersembahkannnya bagi pengguna kartu Xplor dan Bebas.

Jadi meskipun Anda berada di gunung sekalipun, Anda bisa mengetahui perkembangan berita terkini dari ponsel. Dengan syarat, bahwa kartu tersebut memiliki jaringan yang luas dan ponsel mendukung GPRS dan telah di-setting untuk penggunaan internet. Selamat mencoba!