Mau chatting di warnet tapi tak diizinkan orang tua keluar rumah karena sudah tengah malam? Apalagi jika teman chatting berada di waktu yang berbeda. Tidak usah khawatir. Jika tidak ada akses internet di rumah ataupun di warnet yang buka, chatting tetap bisa jalan, asal ponsel memiliki fasilitas General Packet Radio Service (GPRS) atau Wireless Application Protocol (WAP).
Sebenarnya, chatting lewat ponsel ini sudah lama populer terutama di kalangan remaja Inggris. Mohammed Ahmed,warga India yang kuliah di London mengaku tetap bisa chatting dengan teman-temannya meski sedang berada di atas kendaraan, perpustakaan, ataupun di tempat yang samasekali tidak memiliki akses internet. “Asalkan provider itu menyediakan layanan tersebut,” katanya kepada Tribun, beberapa waktu lalu.

Saat berkomunikasi dengan Tribun, Shah yang baru berusia 21 tahun sedang menuju kampus. “Chatting di ponsel lebih enak, tidak perlu ke cyber cafe (warnet) ataupun memasang internet di rumah meskipun di apartemen saya ada akses internet,” jelas Shah yang mengambil jurusan internet engineering.

Memang, di televisi mewabah ajang chatting yang ditawarkan oleh sejumlah perusahaan sebagai tempat ajang gaul. Namun, bagi mereka yang memiliki teman- teman di Yahoo Messenger, Skype, MSN, ataupin ICQ, tentu lebih memilih berinteraksi dengan teman-teman mereka di layanan Instant Message (IM) itu.

Chatting adalah sebuah komunikasi yang dirancang dengan menggunakan sejumlah program seperti Internet Relay Chat, multi-user dungeon (MUD), MUCKs, MUSHes, dan MOOes. Para penyedia IM tidak memberikan bayaran dengan menggunakan fasilitas ini kecuali akses internet di ponsel

Soal ponsel, tidak usah khawatir. Hampir sebagian besar ponsel saat ini didukungan oleh layanan GPRS ataupun WAP dengan harga yang murah. Apalagi, dukungan dari provider layanan GSM sudah mendukung layanan internet via ponsel dengan biaya yang murah per kilobyte. Jadi, tidak usah menunggu sampe libur untuk chatting, aktifkan GPRS dan WAP ponsel lalu bersiaplah menemui teman-teman di dunia maya di manapun kamu berada.

Waspadai Pishing
Hati-hati bagi para pengguna ponsel yang sering browsing di internet terutama yang menggunakan layanan chat online. Pasalnya, banyak tangan jahil yang mengirimkan virus melalui internet dengan menggunakan SMS. Mereka mengirimkan SMS yang berisi link untuk dikunjungi dan ternyata mencuri seluruh data yang ada (pishing).

SmiShing adalah pishing yang diluncurkan untuk menghantam pengguna ponsel melalui SMS. Bentuknya berupa worm (cacing) yang menyerang gateway SMS yang terjadi di Spanyol. SMS itu meminta agar pengguna segera memasuki link tertentu yang dikirim dengan alasan jika tidak di klik sesegera mungkin maka pulsa akan terpotong.

Padahal, logikanya, tidak akan ada pemotongan pulsa jika tidak melakukan registrasi terlebih dahulu. Jika pesan ini masuk ke ponsel Anda dari sebuah situs yang pernah Anda kunjungi, abaikan saja karena ini akan merusak ponsel.