Keputusan manajemen PSM Makassar merekrut dua pemain Togo, Ouadja Lantame Sakibou (resmi) dan Saibou Badarou (incaran), di putaran kedua Liga Djarum Indonesia XIII, mendapat reaksi keras dari Ikatan Suporter Makassar (ISM).
ISM menilai manajemen tim telah melakukan kesalahan besar dengan mendatangkan pemain yang membela negaranya di babak kualifikasi Piala Dunia 2006 zona Afrika tersebut.
“Kenapa lagi harus merekrut pemain baru. Padahal kita berhasil juara paruh musim. Ini sama saja PSM berjudi. Bisa untung dan bisa pula rugi,” kata Ketua ISM, Herry Patty, kepada Tribun, Selasa (3/7).
Herry menyatakan, pergantian pemain bukan jaminan PSM juara. “Kalau dengan perekrutan pemain kita bisa juara, suporter pasti bersyukur. Tapi kalau tidak, maka pengurus harus bertanggungjawab dan jangan mencari kambing hitam,” ujarnya.
Menurut dedengkot suporter PSM ini, tim bertabur bintang tidak selamanya bisa mendongkrak prestasi tim. Contohnya skuad PSM di Ligina IX dan X. Mulai lini belakang sampai depan diperkuat pemain bintang dan berpengalaman.
“Apa yang terjadi? PSM tidak juara. Merekrut pemain juga harus melihat hoki (keberuntungan). Kami tidak kecewa Leo dan Carlos dicoret. Tapi kami melihat mereka punya hoki karena membawa PSM juara di putaran pertama. Selain itu, mereka juga sudah beradaptasi dengan tim,” katanya.
Beda halnya dengan kasus Pelatih PSM, Carlos de Mello, yang dipecat di pertandingan ke-10 putaran pertama Ligina XII. “Itu karena Carlos memang gagal mengangkat prestasi PSM sehingga wajar kalau diganti,” kata Herry.
Usai putaran pertama, manajemen tim memecat Chitescu Leo (striker/Rumania) dan Carlos Alberto (gelandang/Paraguay). Leo kini berlabuh di tim divisi utama wilayah barat, Persib Bandung, sedangakan Carlos di divisi satu, Mitra Kukar.
“Kita tidak mau tahu dengan persaingan lini per lini PSM. Yang kita mau tahu PSM harus juara. Tidak ada alasan,” tambah Koordinator Lapangan ISM, Shimbo.
“Kami tetap menghargai pengurus dengan keputusannya merekrut pemain baru. Mudah-mudahan pemain baru ini membawa hoki agar PSM juara,” pungkas Herry