Tidak Miliki Izin Ketenagakerjaan

Kepolisian Resort Luwu Timur (Polres Lutim) menangkap 25 tenaga kerja asing (TKA) yang bekerja pada perusahaan PT Panca Digital Solution, Rabu (27/6) malam. Perusahaan ini adalah perusahaan asal Cina yang bergerak dalam usaha tambang biji besi.
Ke-25 TKA yang ditangkap itu terdiri atas 24 orang warga negara Cina dan seorang warga negara Jepang. Polisi juga mengamankan manager PT Panca Digital Solution berinisial RM.
Penangkapan tersebut dilakukan karena TKA itu tidak memiliki izin ketenagakerjaan. Selain tidak memiliki izin ketenagakerjaan, sebagian warga negara Cina yang ditangkap ini juga tidak melaporkan keberadaannya selama berada di Lutim kepada polisi atau pemerintah setempat.
“Kita sementara melakukan pemeriksaan terhadap mereka (TKA),” kata Kepala Polres Lutim, Ajun Komisaris besar Polisi (AKBP) Umar Faroq, saat dihubungi via telepon selularnya, Kamis (28/6).
Ke-24 warga Cina yang ditangkap ini adalah karyawan PT Panca Digital Solution yang selama ini beroperasi di daerah Lampia, Kecamatan Malili, Lutim.
Para tenaga kerja yang ditangkap ini terdiri dari tenaga operator, tukang kayu, bengkel, laboratorium, tukang masak, dan lain-lain.
Warga Cina yang ditangkap itu antara lain, Li Zhengfung, Jing GuangYi, Chen Zhizhong, Shengfang, Li yung Che, Zheng Ze Fu,Li Yun Cai, Zhang Ze, Li Bing, Wang Xing, Xue Hua Gui, Luo Jian, Li Zhan Bau,Chen Zhi Sheng, Liu Chen, Gua Jun Po, Liu Chang Gui, Huang Ke, Weng Yong.
Sedangkan tenaga kerja asal Jepang yang diamankan adalah Mr Zuzuki. Guna memperlancar pemeriksaan terhadap TKA tersebut, Umar mengaku telah mengkoordinasikan hal itu kepada kantor keimigrasian untuk membantu pemeriksaan.
“Hingga saat ini kita (polisi) belum melakukan penahanan terhadap mereka karena masih dalam tahap pemeriksaan. Jika nantinya mereka terbukti secara sah melanggar undang-undang mengenai keimigrasian, ya akan kita proses secara hukum” kata Umar Faroq.

tka ditangkap
– Li Zhengfung
– Jing Guang Yi
– Chen Zhizhong
– Shengfang
– Li yung Che
– Zheng Ze Fu
– Li Yun Cai
– Zhang Ze
– Li Bing
– Wang Xing
– Xue Hua Gui
– Luo Jian
– Li Zhan Bau
– Chen Zhi Sheng
– Liu Chen
– Gua Jun Po
– Liu Chang Gui
– Huang Ke
– Weng Yong
– Wang Guo Yo
– Li Jun Zhen
– Mr Zuzuki (Jepang)
– RM (Manager PT Panca Digital Solution)