“Anda punya YM,” tanya Ersen Qahaja kepada Tribun melalui situs networking Tagged, Selasa (24/4), dini hari. Ersen, seorang warga Albania mengaku memiliki dua Instant Mesagge (IM) yaitu MSN dan Yahoo. Namun, sebagian besar pengguna internet menggunakan Yahoo Messenger (YM) sebagai sarana komunikasi.

Kepopuleran Yahoo sebagai IM memang tidak dapat dipungkiri. Berdasarkan analisis dari perusahaan pengamat pengguna internet, Alexa Internet dan Netcraft, Yahoo telah dikunjungi sekitar 412 juta user. Dilansir Softpedia, Yahoo kini kembali memanjakan penggunanya.
Meskipun sejumlah situs seperti Tagged, MySpace, dan Skype menawarkan IM sejenis, namun YM tetap menjadi pilihan utama. “Lebih cepat komunikasi ketimbang menggunakan IM Skype,” kata Rio, salah seorang chatter yang berprofesi sebagai pianis di Jakarta.

Demi meningkatkan pelayanan kepada pelanggan setianya, Yahoo yang didirikan pada tahun 1994 oleh dua lulusan Universitas Stanford, San Fransisco, AS, Jerry Yang dan David Filo, kini menawarkan sejumlah fitur-fitur baru-baru.

Sejak versi Yahoo Messenger 6 dirilis, Yahoo terus menangguk popularitas. Versi terakhir ini dilengkapi dengan chat dengan webcam, mengirim pesan suara, dan gambar-gambar, serta melakukan konferensi dengan beberapa chatter.

Fitur terkini lain adalah komunikasi pengguna Yahoo menggunakan Google Talk ataupun Windows Live Messenger. Ini semakin memudahkan setiap orang untuk melakukan komunikasi dengan menggunakan media lain.

Yang terbaru, Yahoo kini terkoneksi dengan sejumlah situs penting lainnya seperti Trilian, Gaim, dan Meebo. Ketiga situs ini memberikan keleluasaan kepada setiap pengguna untuk terus berinteraksi. Lewat Trilian, seseorang bisa mengirimkan file penting ke daftar kontaknya yang ada di Yahoo.

Misalnya Meebo.Meski tidak tersedia client application seperti software YM, user cukup menggunakan Meebo yang menghubungkan pengguna IM antara lain Google Talk, MSN, Yahoo, AIM, dan Meboo sendiri.

Memang, di sektor search engine, Yahoo Search hanya menempati urutan kedua setelah Google. Tetapi, untuk IM, Yahoo adalah pilihan utama dari para user yang ingin chat ataupun berbagi file yang diinginkan. Tidak perlu repot-repot lagi membuka aplikasi piranti lunak ataupun mengunduh jika tidak tersedia di warnet. Jelajahi dunia maya dengan kemudahan dari Yahoo Messenger