Calon Gubernur dari Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK), dan PDI Perjuangan, Syahrul Yasin Limpo, Jumat (6/7), mendatangi kantor KPU Sulsel, Jl AP Pettarani, Makassar.
Syahrul datang bersama tim pemenangan dan elite partai pengusungnya. Rombongan ini diterima langsung Ketua KPU Sulsel Mappinawang, tiga anggota KPU dan Sekretaris KPU Onesmus Matantu, dan staf lembaga penyelenggara pilkada itu.
Dalam kunjungan sekitar satu jam, Syahrul mempertanyakan persiapan KPU. Selain menanyakan tahapan, proses pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur yang dilangsungkan Agustus mendatang, Syahrul juga menyampaikan sejumlah harapannya.
“Kalau bisa KPU bekerja profesional dan fair-lah,” kata Syahrul yang juga Wagub Sulsel. Mappinawang menyebut kunjungan sebagai positif dalam kapasitas beliau sebagai wakil gubernur dan calon gubernur pada pilkada.
Ia juga meminta kepada kami untuk lebih cermat melihat kemungkinan yang bisa merusak kredibilitas KPU,termasuk menutup celah terjadinya kecurangan,” kata Mappinawang kepada Tribun, usai kunjungan Syahrul.
Informasi yang diperoleh dari Tribun di kantor KPU Sulsel, kemarin, calon Wakil Gubernur Sulsel dari Partai Golkar Mansyur Ramly, sejak Kamis lalu juga mengagendakan bertemu dengan jajaran anggota KPU dan sekretariatnya, Sabtu (7/7) hari ini.
Staf khusus Mansyur Ramly, M Zakir Sabara mengkonfirmasikan juga agenda Mansyur ini. “Pak Prof, hanya ingin datang mempertanyakan bagaimana statas PNS yang ikut pilkada,” katanya, kemarin. Selain ke KPU, kata Zakir, Mansyur juga hari ini dijadwalkan menggelar rangkaian pertemuan dengan sejumlah tokoh termasuk dengan ulama.

KPU Don’t Look Back-lah
SEHARI sebelumnya, Syahrul juga hadir di tengah-tengah anggota KPU yang tengah meluncurkan buku berjudul KPU Sulsel Tepis Badai dan website KPU di Hotel Singgasana, Makassa. Kedatangan Syahrul di tengah-tengah anggota KPU se-Sulsel tersebut kontan merebut perhatian para peserta.
Apalagi ketika ia diberi kesempatan memberikan tanggapan atas buku karangan Asdar Muis RMS cs tersebut. “Sebenarnya saya ditodong juga untuk bicara. Sebenarnya ini bisa menjadi adrenalin bagi KPU berikutnya apakah bisa menepis badai berikutnya. Mudah-mudahan buku ini bisa menjadi cambuk bagi KPU berikutnya. Yang jelas, don’t look back-lah,” kata Syahrul yang disambut tepuk tangan dari peserta yang hadir.
Kedatangan Syahrul mendapat sambutan hangat dari sebagian anggota KPU yang juga tengah menggelar rapat kerja membahas mengenai pemutakhiran data di tempat yang sama. Syahrul diundang sebagai Wakil Gubernur Sulsel. Suasana keakraban terlihat antara Syahrul dan anggota KPU seusai peluncuran buku dan website KPU Sulsel, http://www.kpu.sulsel.go.id. Meski datang sebagai wakil gubernur, Syahrul datang dengan didampingi sejumlah anggota tim suksesnya.