BKD Sulsel Sulsel Usul 310 Formasi Umum * BKD Kabupaten/Kota Juga Kirim Usulan Formasi * BKD Se-Indonesia Ikut Rakornas Kepegawaian di Jakarta * Dihadiri Menneg PAN dan Menteri Teknis Lainnya

Pemerintah pusat akan mengumumkan formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) kelompok umum tahun 2007 pada bulan September mendatang. Sedangkan seleksi akan dilaksanakan pada bulan Oktober.
Deputi Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN), Masni R Mochtar, mengungkapkan hal itu kepada Tribun via telepon, Selasa (10/7).
Masni dimintai tanggapannya seputar rencana seleksi CPNS umum 2007. Pemerintah pusat telah menetapkan formasi CPNS 2007 sebanyak 300 ribu orang. Rinciannya, 220 ribu untuk tenaga honorer.
“Sekarang kami masih fokus pada penyelesaian pengangkatan kelompok CPNS honorer yang harus dituntaskan hingga tahun 2009 mendatang.
Di Makassar, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulawesi Selatan (Sulsel), Tandeng Tugi, berharap pemerintah pusat segera menetapkan kuota di masing- masing daerah.
Sedangkan Kepala Kantor Regional (Kanreg) IV BKN, Bambang Chrisnadi, mengatakan, pihaknya masih menunggu petujuk pemerintah pusat terkait dengan rekrutmen CPNS 2007.

Rakornas
Saat disinggung soal rakornas kepegawaian di Jakarta,
Bambang mengatakan, pihaknya diundang menghadiri presentasi tentang manajemen rekrutmen PNS.
Namun hal tersebut bersifat umum dan tidak ada agenda yang bersifat teknis yang akan dibahas dalam rakornas itu.
“Rekrutmen CPNS memang menjadi salah satu pembicaraan. Tapi sejauh ini tidak ada pemberitahuan mengenai pembicaraan teknis,” ujar Bambang saat dalam perjalanan menuju Bandara Hasanuddin sebelum terbang ke Jakarta, kemarin sore.
Bambang menjelaskan, rakornas diadakan untuk menjaring masukan bagi rencana perubahan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 48 Tahun 2004.
Karena itu, selain menneg PAN, menteri lain yang juga diagendakan hadir adalah menteri dalam negeri, menteri agama, menteri kesehatan, menteri keuangan, menteri pendidikan nasional, dan kepala BKN.
Masing-masing akan membawakan materi sesuai bidangnya. Menteri dalam negeri akan berbicara mengenai struktur pemerintahan daerah dalam kaitannya dengan kebutuhan pegawai.
Menteri agama juga berbicara mengenai kondisi internal departemennya dalam kaitan dengan rekrutmen pegawai serta presentase menteri kesehatan dan menteri pendidikan nasional.
Tahun ini, pemerintah direncanakan hanya merekrut tenaga teknis seperti guru, tenaga medis, dan penyuluh pertanian/peternakan.
Sementara menteri keuangan akan menjelaskan ketersediaan anggaran dalam kaitan dengan rencana rekrutmen.
Dalam jadwal keprotokoleran yang diteken Sekretaris Pemerintah Provinsi Andi Muallim, tertera agenda rakornas di Jakarta adalah Rakornas PAN Bidang Sumber Daya Manusia dan Aparatur di Hotel Sahid Jaya, Jakarta.

Usulan Sulsel
BKD Sulsel mengusulkan formasi CPNS umum periode penerimaan tahun 2007 sebanyak 310 orang. “Kita tinggal menunggu keputusan BKN, apakah usulan itu disetujui atau tidak,” kata Kepala Sub Bidang Perencanaan Pegawai BKD Sulsel, Andi Besse Wana (lihat,Tunggu Persetujuan)
Soal CPNS honorer, BKD sudah menerima permintaan daftar dari pemerintah pusat. Dalam waktu dekat pihaknya mengirimkan nama-nama CPNS honorer yang akan diangkat untuk tahun 2007.
Jumlah CPNS honorer di lingkup pemprov yang akan memperoleh nomor induk pegawai (NIP) sebanyak 878 orang.
Mereka akan diminta melengkapi berkas seperti surat keputusan (SK) pengangkatan honorer, daftar honorer, dan slip gaji honorer untuk dikirim ke BKN.
BKN akan menyeleksi lebih lanjut untuk memperoleh nomor induk pegawai (NIP). Setelah NIP diperoleh, lazimnya mereka masih menunggu sekitar enam bulan untuk mengikuti prajabatan.

Tanggapan BKD
Dalam kesempatan terpisah, BKD Bone meminta perhatian khusus menneg PAN terkait kuota CPNS untuk formasi umum tahun 2007 di daerah ini.
Permintaan perhatian khusus itu didasarkan pada cakupan wilayah Bone yang sangat luas. Selaian wilayah luas, jumlah penduduk dan tingkat pengangguran di daerah ini tergolong tinggi. Ia mengharapkan kuota berkisar antara 350-450 orang untuk tahun ini.
“Saya sampaikan permintaan ini waktu ke kantor kementerian PAN di Jakarta. Karena, dengan luasnya daerah kita, tentu membutuhkan tenaga yang tidak sedikit, khususnya guru dan tenaga kesehatan,” kata Kepala Bidang Pengembangan BKD Bone, Andi Singkeru.
Sedangkan Kepala BKD Gowa, Mappagio, mengatakan, yang berangkat untuk menghadiri rakornis di Jakarta adalah Sekretaris Kabupaten Gowa, M Yusuf Sommeng. Namun, ia berharap bisa turut serta agar bisa memberikan penjelasan secara teknis pada rakornis tersebut.
Terkait rencana penerimaan tahun 2007, Mappagio mengaku sudah menyusun formasi berdasarkan permintaan. Namun, jatah yang akan diusulkan tidak diingat secara rinci, tapi usulan formasi umum untuk tahun ini lebih dari 500 orang.
Ia hanya berharap agar BKN memberikan kuota sesuai porsi kebutuhan di daerah. Ia juga megharapkan tenaga honorer yang terdaftar di data base BKN dapat dituntaskan pada penerimaan mendatang.
Kepala BKD Maros, Ibrahim Dahlan, mengaku telah berada di Jakarta untuk mengikuti rakornis. Untuk usulan penerimaan CPNS, Maros mengusul 1.500 orang.
Usulan itu masing-masing 1.000 untuk CPNS dari tenaga honorer dan 500 orang untuk formasi dari umum.

usulan formasi 2007 Formasi 2006
* Pemprov: 310 orang 878 orang
* Makassar: Ikut pusat 707 orang
* Gowa: 2.873 orang 555 orang
* Bone: 1.000 orang 702 orang
* Palopo: 2.133 orang 600 orang
* Maros: 1.500 orang 781 orang
* Lutim: 1.500 orang 252 orang
* Bulukumba: Belum usul 660 orang
* Parepare: Tunggu pusat 403 orang
* Pinrang: Belum usul 594 orang
* Wajo: Belum usul 697 orang
* Toraja: Belum usul 631 orang
* Luwu: Belum usul 727 orang
* Sinjai: Belum usul 335 orang
* Bantaeng: Belum usul 386 orang
* Jeneponto: Belum usul 527 orang
* Selayar: Belum usul 330 orang
* Takalar: Belum usul 481 orang
* Barru: Belum usul 315 orang
* Sidrap: Belum usul 390 orang
* Pangkep: Belum usul 766 orang
* Soppeng: Belum usul 443 orang
* Enrekang: Belum usul 334 orang
* Luwu Utara: Belum usul 680 orang
Sumber: BKN dan BKD-BKD kabupaten/kota