Amin Kembali Kumpulkan Ketua DPD II Golkar

Sekretaris definitif Partai Golkar Sulsel segera ditetapkan sebelum jadwal pendaftaran pasangan calon di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel. Keputusan berdasarkan rapat pleno DPD Partai Golkar.
Hal itu ditegaskan Ketua DPD Partai Golkar Sulsel Amin Syam usai menutup training off trainer (ToT) DPD Partai Golkar di Hotel Delia, Makassar, Kamis (12/7).
Amin menegaskan, pengurus sementara menginventarisir kekeliruan yang dilakukan, khususnya pelanggaran organisasi dan selanjutnya dikaji oleh tim hukum untuk dikenakan sanksi.
Saat ini, tim hukum DPD Partai Golkar telah menginventarisir kekeliruan Agus, seperti menggunakan baju dan jas kuning saat menemui konstituen, menjelek-jelekkan pasangan calon Partai Golkar, dan mempengaruhi konstituen Golkar.
Ditanya siapa yang akan ditetapkan sebagai pengganti Agus, Amin belum memberikan jawaban pasti. “Nantilah kita lihat siapa yang ditetapkan karena semuanya melalui rapat pleno,” katanya.
Sumber Tribun di Partai Golkar mengatakan, sekretaris DPD Partai Golkar memang harus definitif dalam hal pencalonan pasangan calon di pilkada karena terkait aturan, seperti termaktub dalam peraturan pemerintah (PP) Nomor 6 Tahun 2005 tentang Pemilihan Kepala Daerah. (baca: rule of the game.

Kumpul DPD
Perkembangan lain, Amin akan kembali
mengumpulkan ketua DPD II Golkar kabupaten/kota se-Sulsel di kediaman pribadinya, Bojo, Barru, Sabtu (14/7) mendatang.
Hal ini diungkapkan Ketua Tim Pemenangan Amin-Mansyur Ramly, Moh Roem, di Hotel Anggrek Delia, kemarin.
“DPD I kembali konsolidasi dengan ketua-ketua DPD II menjelang pendaftaran pasangan gubernur-wakil gubernur. Kalau tidak ada halangan, dua hari ke depan pertemuan digelar di Barru,” kata Roem.
Undangan ke DPD II rencananya disebarkan tadi malam. Hingga kemarin siang, Amin belum menandatangani undangan tersebut. Pertemuan di Barru digelar siang hari. Sebelum ke Bojo, Amin dalam kapasitasnya sebagai Gubernur Sulsel membuka Rapat Kerja Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (NU) Sulsel di Hotel Singgasana. Di NU, mantan Bupati Enrekang ini menjabat dewan mustasyar (penasihat)
Pertemuan terakhir Amin dengan ketua-ketua DPD II Golkar digelar awal Juni lalu di sekretariat Golkar, Jl Amanagappa.

rule of the game
Peraturan Pemerintah RI Nomor 6 Tahun 2005 Tentang Pemilihan, Pengesahan, Pengangkatan, dan Pemberhentian Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada)
Pasal 42
Partai politik atau gabungan partai politik dalam mendaftarkan pasangan calon sebagaimana dimaksud dalam Pasal 41, wajib menyerahkan surat pencalonan yang ditandatangani oleh pimpinan partai politik atau para pimpinan partai politik yang bergabung di daerah pemilihan.

Penjelasan Pasal 42
Yang dimaksud dengan pimpinan partai politik adalah ketua dan sekretaris partai politik atau sebutan pimpinan lainnya sesuai dengan kewenangan berdasarkan AD/ART parpol yang bersangkutan sesuai dengan tingkat daerah pencalonannya.