Festival Barongsai Tingkat Nasional akan digelar di Kabupaten Sragen tanggal 17-19 Agustus 2007, kata Kepala Bagian Humas Pemerintah Kabupaten Sragen, Poedarwanto, di Sragen, Sabtu (14/07).

Ia mengatakan, kegiatan yang kali pertama di Sragen tersebut, digagas oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, dalam upaya untuk menjalin keakraban anak bangsa.

Kegiatan tersebut juga dalam rangka menciptakan atraksi wisata budaya serta memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, katanya.

Menyinggung jumlah peserta barongsai yang akan diundang untuk tampil, dia mengatakan, sementara ini masih dalam pendataan.

“Kami masih mendata grup-grup barongsai yang ada, semuanya nanti akan diundang sehingga akan nampak meriah dalam acara festival yang dipersiapkan di Gor Diponegoro Sragen,” katanya.

Festival Barongsai Tingkat Nasional ini mendapat sambutan baik oleh Grup Barongsai Tri Pusaka Solo, pihaknya juga akan ikut dalam cara tersebut, kata Humas Perkumpulan Masyarakat Surakarta (PMS), Martono.

Menurut dia, seni barongsai sekarang sudah tidak dianggap seni tradisi, tetapi sudah masuk cabang olahraga, yaitu Persobarin (Persatuan Seni dan Olahraga Barongsai Indonesia).

Acara tersebut apabila digelar secara rutin akan lebih baik dan bisa merangsang para atlet lebih giat berlatih, katanya.