kongress ekonomiKongres Ekonomi Pasifik pertama, yang akan dibuka di kota Timur Jauh, Vladivostok Rusia diharapkan menarik perhatian para politisi dan usahawan dari negara-negara Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC). Itar-Tass, Selasa.

Kantor berita Itar-Tass mengatakan kurang lebih 300 pejabat, usahawan dan ekonom dari Rusia, China, Jepang, Korea Selatan, USA dan negara-negara APEC lainnya telah menyatakan keikutsertaan mereka pada kongres itu.

Direktur eksekutif Sekretariat APEC, Colin Heseltine, akan menjadi tamu forum ini yang mana ia diharapkan menyampaikan sebuah presentasi.

Presentasi dua proyek berskala besar akan menjadi peristiwa penting pada forum tersebut. Ini merupakan persiapan bagi kepemimpinan Rusia atas APEC pada tahun 2012 dan pendirian zona judi Primorye.

Sebuah sidang paripurna tentang kerjasama perdagangan, ekonomi, investasi Rusia dengan negara-negara Kawasan Asia-Pasifik, pembicaraan mengenai energi dan ekspor minyak serta gas yang potensi di Timur Jauh Rusia, logistik internasional dan prasarana transportasi Kawasan Asia Pasifik.

Kongres juga akan membicarakan mengenai kredit dan keuangan yang potensial bagi pengembangan kemitraan di Kawasan Pasifik yang akan diadakan dalam kerangka kongres ini.

“Kongres Ekonomi Pasifik yang pertama ini akan menjadi landasan kerjasama Rusia dengan para usahawan asing, lingkaran sains dan badan-badan negara tentang isu kerjasama investasi, inovasi, perdagangan dan perekonomian Rusia dengan negara-negara Kawasan Asia-Pasifik,” kata sumber dari komite penyelenggara.

Forum ini telah memperoleh status latihan penutup (dengan berpakaian lengkap) menjelang kepemimpinan Rusia atas APEC pada tahun 2012, kata mereka.