Manajemen Persebaya Surabaya hampir pasti akan merekrut striker asal Argentina, Juan Roberto Vallejos (29) untuk melengkapi skuad pemain asing, guna menghadapi putaran kedua Liga Indonesia 2007 yang dimulai awal Agustus mendatang.

Manajer Persebaya Lilik Soehartojo yang dihubungi wartawan di Surabaya, Rabu petang, mengatakan proses negosiasi dengan agen Juan Vallejos sudah mencapai kesepakatan dan saat ini tinggal menunggu masalah administrasi.

“Sudah ada kecocokan harga kontrak, tinggal tunggu administrasi Juan Vallejos. Kalau beres dan tidak ada masalah, secepatnya akan dikontrak,” katanya tanpa mengungkapkan nilai kontrak pemain itu.

Perekrutan Juan Vallejos akan mengakhiri perburuan pemain asing yang dilakukan Persebaya hampir dua bulan terakhir. Sebelumnya ini, puluhan striker asing dari berbagai negara datang melamar, tapi tidak ada yang memenuhi kriteria.

Usai putaran pertama, Persebaya sudah mengontrak dua pemain asing yakni Adinaldo de Oliviera (Brazil) dan Anthoni Jommah Ballah (Liberia) untuk melengkapi dua pemain lama, Pablo Rojas (Chile) dan Raymond Nsangue (Kamerun).

Juan Vallejos yang baru pertama kali datang ke Indonesia, sempat mengikuti seleksi di Persija Jakarta dan turun saat laga ujicoba melawan tuan rumah Persebaya akhir pekan lalu.

Penampilan pemain yang terakhir membela klub Stromers Bolivia itu memikat ofisial Persebaya, termasuk pelatih Suhatman Iman. Pada saat ujicoba kedua lawan Persija di Jakarta, Selasa (24/07), pelatih Suhatman Iman akhirnya merekomendasikan pemain itu untuk direkrut.

Saat ujicoba di Surabaya, manajemen Persebaya sudah mendapat kabar dari kubu Persija kalau Juan Vallejos tidak akan direkrut karena tidak cocok dengan karakter pelatih Serge Dubrovin.

“Saya memang rekomendasikan dia kepada manajemen dan saat ini memang sedang diproses. Roberto Kwateh (Kamerun) juga telah didepak dari seleksi usai laga ujicoba di Jakarta,” ujar pelatih Persebaya, Suhatman Iman yang dihubungi terpisah.

Dari pengamatan Suhatman, pemain bertinggi sekitar 185 cm itu memiliki karakter yang cocok dengan keinginannya, diantaranya pekerja keras, postur ideal dan keunggulan bola atas.

“Yang jelas, sekarang dia calon tunggal striker Persebaya dan hampir pasti dikontrak. Setelah ini, saya akan konsentrasi memantapkan kerjasama tim,” lanjut Suhatman.

Ketua Umum Persebaya, Arif Afandi yang ditemui terpisah mendukung langkah manajemen merekrut Juan Vallejos untuk putaran kedua mendatang.

“Dibanding beberapa striker asing yang ikut seleksi, saya lebih sreg (cocok) dengan Juan. Kemampuan dan posturnya mendukung untuk gabung Persebaya, terutama mengatasi kelemahan bola-bola atas di lini depan,” katanya